banner here

5 Oleh-Oleh Khas Manado Yang Wajib Kamu Coba

- 10.54
advertise here

Berlibur sudah pasti tidak akan lengkap tanpa buah tangan, setiap daerah pasti punya makanan khas yang menjadi ciri khas daerah tersebut, entah untuk berwisata kuliner ataupun dujadikan buah tangam. Perjalanan jauh berkunjung ke bagian utara Sulawesi, Manado tak lengkap jika pulang tanpa membawa kudapan sebagai buah tangan. Manado, ibu kota Sulawesi Utara itu terkenal dengan hasil laut yang melimpah juga kekayaan komoditas pertanian.

Masyarakat Manado tak menyia-nyiakan hasil alam ini. Mereka meracik kekayaan alam itu menjadi beragam kuliner nikmat yang pas menjadi oleh-oleh, dari mulai klappertart hingga pisang goroho. Di antara banyak pilihan makanan khas Manado, ada lima oleh-oleh kuliner yang bisa ditemukan berbagai sudut kota dan bandara. 

1. Klappertart

Klappertart yang berarti kue kelapa merupakan kue peninggalan dari zaman Belanda. Para penjajah membawa resep kue dari Belanda kemudian dipadukan dengan kelapa muda yang banyak tumbuh di Manado. Kue ini terbuat dari campuran kelapa muda, telur, margarin, tepung terigu, susu, kayu manis, dan kismis serta kacang sebagai toping. Klappertart tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi rasa dengan harga mulai dari Rp20 ribu untuk ukuran kecil hingga Rp150 ribu untuk ukuran paling besar.

2. Pisang Goroho

Selain kelapa, Sulawesi Utara juga merupakan penghasil pisang. Yang paling khas adalah pisang lokal yang tumbuh di Sulawesi Selatan yaitu Goroho. Jenis pisang ini memliki tekstur yang padat dan bergetah. Masyarakat Manado biasa menyantap pisang ini digoreng dan direbus. Sebagai oleh-oleh yang tahan lama, pisang goroho diolah menjadi keripik tipis yang renyah dan gurih. Satu bungkus keripik pisang goroho ini berkisar Rp20 ribu.
 
3. Pala Manis

Manisan buah pala dari Manado ini memiliki bentuk yang lebih mengkilap ketimbang manisan dari daerah lain. Tekstur itu timbul lantaran buah pala ini diolah menggunakan cairan gula, tak seperti kebanyakan manisan yang menggunakan gula pasir. Perpaduan buah pala dan cairan gula itu menciptakan rasa asam manis nan segar. Rata-rata satu bungkus pala manis berukuran sedang dijual Rp25 ribu.

4. Sambal Ikan Roa

Selain makanan ringan, Manado juga punya sambal khas yakni sambal ikan roa. Sambal ini terbuat campuran cabai dengan ikan roa yang sudah diasap dan dihancurkan sampai halus. Rasa pedas dari sambal ini cocok disantap bersama nasi atau lauk lainnya. Satu kotak sambal ikan roa dihargai mulai dari Rp45 ribu hinga Rp600 ribu.

5. Cakalang Fufu

Hasil ikan yang melimpah ruah dari laut Manado membuat masyarakat mengawetkan ikan dengan cara diasap. Ikan favorit untuk diasap adalah cakalang. Di Manado, proses pengasapan dikenal dengan fufu sehingga cakalang fufu berarti cakalang yang diasap. Proses pengasapan pun terbilang unik. Ikan-ikan ini dibersihkan terlebih dahulu dan diapit dengan kerangka bambu yang melingkar. Pengasapan membuat cakalang berwarna kemerahan dan tahan hingga enam bulan. Harga satu ekor cakalang fufu ini sekitar Rp50 ribu. Selain makanan, Manado juga memiliki oleh-oleh berupa kerajinan tangan dan juga mutiara.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search