banner here

Sejarah Hari Belanja Online Nasional Yang Perlu Anda Ketahui

- 04.53
advertise here
Kemudahan dari teknologi informasi yang berkembang saat ini sudah pasti akan bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam sehari-hari. Jika anda dulu harus pergi ke tempat supermarket ataupun pasar untuk membeli kebutuhan pokok, perabot rumah tangga ataupun baju. Maka saat ini dengan semakin modernnya serta canggihnya teknologi semua bisa didapatkan dengan cara online biasa disebut belanja online. Saat ini semakin banyak orang yang tertarik dengan belanja secara online. Oleh karena itu saat ini telah ada Hari belanja online nasional yang merupakan hari untuk perayaan semua masyarakat di Indonesia yang memiliki kegemaran dengan belanja online.

Festival belanja online nasional ini bahkan menjadi sebuah momentum yang selalu dirayakan setiap tahunnya. Banyak sekali berbagai penawaran yang sangat murah dan juga unik yang diberikan oleh setiap situs online di Indonesia. Industri di Indonesia saat ini mengalami progress yang cukup signifikan dari semenjak adanya alternatif berbelanja atau dengan semua kemudahan menyelesaikan semua urusan secara online. Jadi dengan adanya belanja online ini membawa dampak positif bagi ekonomi di Indonesia.

Sejarah Hari Belanja Online Nasional Yang Perlu Anda Ketahui
E-commerce di Indonesia yang berpartisipasi dalam even Harbolnas juga semakin banyak dan meningkat setiap tahunnya. Ini membuktikan bahwa semakin banyak saat ini dunia belanja online semakin banyak peminatnya baik untuk yang membeli ataupun yang menjual barang. Pada awal gagasan Harbolnas pada tahun 2012, e-commerce yang berpartisipasi dalam even ini hanya 7 e-commerce. Setiap tahun partisipan semakin bertambah pada tahun 2013 yaitu 22 e-commerce. Hingga sampai tahun 2014 jumlah e-commerce yang berpartisipasi sangat meningkat secara signifikan yaitu 78 e-commerce.

Tujuan dari diadakannya even Hari belanja online nasional ini yaitu untuk memberikan sebuah pengetahuan kepada para masyarakat tentang kemudahan untuk berbelanja online dengan cara yang mudah dan juga nyaman. Harbolnas ini sudah sangat ramai diperbincangkan oleh para penikmat belanja online dari sebelum acara berlangsung karena selain menghadirkan diskon-diskon super besar, belanja Harbolnas juga aman selama dilakukan di online shopping yang terpercaya. Dari sejarah adanya Harbolnas yang panjang ini, memiliki dampak yang sangat mengagumkan terhadap peningkatan nilai jual dan juga jumlah konsumen yang mulai berlangganan terhadap e-commerce.

Dari total belanja online pada tahun 2015 diperkirakan mencapai 33 trilliun rupiah. Ini adalah angka yang sangat fantastis dari penjualan online. Tidak hanya itu, riset yang diadakan pada tahun 2014 di Indonesia menemukan bahwa 24 persen dari mereka yang mengakses internet lebih menyukai berbelanja secara online, terutama fashion yang gemar . Penelitian yang dilakukan di sepuluh kota besar di Indonesia dengan menggunakan sampel sebanyak 1.213 orang dan rentang usianya 18-45 tahun dengan metode phone survei.

Dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ditemukan bahwa pertumbuhan penduduk kurang lebih sekitar 255.461.700 orang pada tahun 2015, dengan pertambahan pengguna internet sekitar 139 juta orang pengguna menurut (APJII). Target kementrian komunikasi dan informasi akan jumlah pengguna internet pada tahun tersebut yaitu 150 juta orang pengguna internet. Hebatnya di momen belanja Harbolnas, yang digagas oleh berbagai e-commerce Indonesia ini menyuguhkan berbagai diskon hingga 90 persen sampai acara tersebut selesai lebih dari selama 24 jam.

Jadi di samping dari mereka mengedepankan misi untuk mendidik seluruh masyarakat, mereka dan juga untuk melakukan penawaran menarik yang membuat minat masyarakat untuk belanja via online semakin meningkat. Acara unik ini umumnya selalu diselenggarakan tiap tahun pada tanggal yang sama yaitu 12 Desember. Dengan inspirasi dari Cyber Monday di Amerika, para e-commerce ini menjalin berbagai relasi dengan pihak untuk memberikan kinerja yang paling baik untuk mereka. Untuk rata-rata dari e-commerce yang mulai ikut bergabung dengan event hari belanja online nasional ini mendapatkan banyak dampak yang sangat positif.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search