banner here

Cara Mendidik Anak Usia Dini untuk Mengenal Hidup Hemat

- 17.50
advertise here

Anak di usia tumbuh kembangnya merupakan permulaan yang tepat untuk mengajarkan berbagai nilai-nilai luhur dasar kehidupan. Anda bisa mengajarinya kesopanan, budi pekerti hingga pola hidup hemat meski tampaknya ia belum mengerti. Di usia mereka tersebut, memory justru lebih aktif untuk merekam berbagai hal yang dilakukan dan pemahaman yang Anda berikan padanya sehingga bisa digunakan hingga kelak ia dewasa. Jika Anda seorang orang tua yang ingin anaknya kelak menjadi pribadi yang hemat dan tidak boros dalam menggunakan berbagai hal, maka usai anak 5 atau 6 tahun adalah saat yang tepat untuk mulai diperkenalkan dengan pola hidup sederhana.

Anak usai 5 atau 6 tahun seringkali akan meminta sesuatu seperti mainan atau jajanan terutama jika Anda bepergian. Sebagai orang tua pastinya Anda ingin membelikan semua yang ia minta agar ia merasa senang dan tidak menangis. Namun sebenarnya hal tersebut tidak dianjurkan karena nantinya anak akan menjadi pribadi yang manja dan bisa juga boros. Anda perlu memperlihatkan batasan atau aturan yang pasti kapan anak boleh meminta jajan atau mainan dan kapan waktu yang tidak diperbolehkan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan anak pola hidup hemat dan sederhana:

  1. Memberi anak uang saku untuk ke sekolah dengan nominal standar.
  2. Untuk kegiatan mengaji atau kegiatan sore yang dekat dengan rumah, Anda tak perlu memberinya uang saku namun bisa diganti dengan memberikan bekal yang sesuai dengan durasi kegiatan tersebut.
  3. Tanyakan apa yang ia beli dengan uang sakunya dan ajarkan ia menabung sisa uang yang ada.
  4. Beri batasan kapan anak bisa meminta jajan atau mainan, misalnya untuk jajan ia hanya bisa meminta dua hari sekali saja, atau untuk mainan hanya sebulan sekali saja.
  5. Ajarkan ia untuk mengerti bagaimana orang tuanya bekerja untuk menghasilkan uang. Misalnya dengan mengajaknya bekerja jika memungkinkan. Hal ini meski terlihat kejam namun merupakan cara yang ampuh agar anak Anda memiliki memory bagaimana orang tua bekerja untuk menghasilkan uang sehingga tidak timbul keinginan untuk menghambur-hamburkannya.
  6. Biasakan ia untuk berderma dengan memberi orang yang membutuhkan atau memberi jajanan pada teman.
  7. Ajarkan cara-cara di atas dengan memberi tauladan atau contoh.

Anak akan memulai karakter dirinya dari kecil sehingga ajaran Anda padanya sejak dini merupakan dasar pembentukan karakter yang penting. Jika Anda tak ingin putra-putri kesayangan menjadi manja dan boros ketika dewasa, maka ajarkanlah pola hidup sederhana dan hemat sedini mungkin. Ajaklah ia untuk berdiskusi kecil-kecilan misalnya untuk menentukan barang apa yang akan dibeli menggunakan uang tabungannya, atau mengenai berapa nominal uang saku yang nanti ia terima ketika sudah naik kelas yang disesuaikan dengan kebutuhannya.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search