banner here

Ciptakan kesan Pertama Bekerja Menjadi Mempesona Dengan 2 Cara Ini

- 04.43
advertise here

Ketika pertama kali bekerja dan pertama kali datang ke dalam perusahaan tempat anda bekerja kerap kali kesan pertama menjadi penentu bagaimana kehidupan ada di kantor selanjutnya. Banyak yang berpendapat bahwa cara anda berpakaian dan cara anda tersenyum kepada rekan kerja anda saat pertama kali anda mulai membangun koneksi kerja, serta cara anda menyapa pun akan menjadi penentu sikap seseorang kepada anda. Dari semuanya ternyata ada lagi yang lebih penting. Menurut Amy Cuddy, seorang profesor Harvard Business School yang telah meneliti kesan pertama selama lebih dari 15 tahun, ada 2 faktor penentu yang menjadi penilaian seseorang saat bertemu dengan orang baru.

Faktor tersebut berupa rasa percaya dan penghormatan yang diukur melalui pertanyaan seperti berikut: Dapatkah saya mempercayai orang ini? Dan bisakah saya menghormati orang ini? Dua pertanyaan tersebut kerap menjadi pertanyaan besar dalam benak setiap orang saat pertama kali bertemu orang baru, entah secara sadar atau tidak. Menurut Amy Cuddy, kedua pertanyaan tersebut membantu kita untuk mengukur keramahan dan kompetensi seseorang. "Anda harus terus mendapatkan kepercayaan teman sebaya untuk memenangkan rasa hormat mereka, bahkan di tempat kerja," ucapnya. Amy Cuddy juga mengatakan jika saat pertama kali membangun koneksi dengan seseorang dan orang tersebut tidak mempercayai kita, koneksi tersebut tidak akan bisa berjalan lebih jauh.

Bahkan, kemungkinan besar kita juga menaruh rasa curiga kepadanya karna menganggap orang tersebut bersikap manipulatif. "Orang yang ramah dan dapat dipercaya juga bisa menciptakan kekaguman yang kuat, tapi hal tersebut benar-benar akan terwujud jika Anda percaya bahwa kekuatan yang Anda miliki adalah hadiah dan bukan ancaman," ucapnya. Tapi, hal tersebut bukanlah satu-satunya cara agar Anda dapat dipercaya oleh orang lain. Penampilan juga menjadi hal yang penting. Riset tahun 2017 oleh psikolog Lelie Zebrowitz dari Brandeis University menemukan bahwa terdapat 4 isyarat yang digunakan seseorang saat menilai penampilan kita, yaitu penampilan yang baby face, wajah yang ramah, bugar dan kemiripan emosional.

Meskipun Anda tidak bisa mengendalikan semua faktor tersebut, Anda bisa memperbaiki "kemiripan emosional Anda" dengan menggunakan bahasa tubuh yang dapat membangun kepercayaan secara alami. Jadi, bila Anda bertemu seseorang yang baru, fokuskan untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Jangan memengaruhi mereka hanya dengan jabat tangan yang teguh.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search