banner here

Mempunyai Kebiasaan Sering Mandi Ternyata Dapat Menimbulkan Efek Ini

- 17.18
advertise here

Mandi memang merupakan kebiasaan manusia yang setiap harinya pasti harus dilakukan setidaknya dua kali sehari. Dengan melakukannya, maka badan pun akan bersih dan minyak serta kotoran dan debu pun akan hilang dari badan Anda. Biasanya, mandi hanya dilakukan dua kali, namun jika udara di luar panas, tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang memilih untuk mandi untuk mengusir rasa gerah dan panas pada badan. Namun, hal ini sangat berakibat fatal untuk Anda jika terlalu sering mandi dan juga tidak memberikan efek yang baik untuk tubuh Anda. Berikut ini adalah akibat-akibat yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan terlalu sering mandi:

  • Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh
Riset membuktikan bahwa jika tubuh seseorang terlalu bersih, maka dapat merusak mikrobiome yang terdapat pada tubuh manusia. Mikorbiome ini adalah bakteri atau virus yang memiliki manfaat bagi tubuh kita dan juga sangat penting untuk selalu ada pada tubuh. Jika terlalu bersih, maka bakteri tersebut bisa juga terbawa dan akhirnya mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, ternyata bisa juga mengganggu sistem pencernaan dan juga kinerja jantung Anda. Maka akan sangat disarankan untuk mandi dua kali sehari saja.

  • Dapat Menimbulkan Depresi
Penelitian membuktikan bahwa jika seseorang terlalu sering mandi atau terlalu lama mandi, maka hal ini dapat memberikan rasa depresi, kesepian, dan juga tidak bahagia kepada orang tersebut. Hal itu dikarenakan jika orang sedang mandi, pasti mereka lebih sering melamun. Jika terlalu sering atau terlalu lama mandi, maka mereka akan memikirkan masalah mereka dan membiarkan pikiran mereka lepas. Maka itu, lebih baik mandi jangan terlalu lama atau sering dan usahakan untuk tidak melamun saat sedang mandi.

  • Ada Waktu yang Berbahaya
Ternyata, mandi pun memiliki larangan waktunya sendiri. Pada pukul 6 sampai 7 sore, kondisi jantung sedang melemah pada jam tersebut. Jika Anda mandi pada waktu tersebut, maka akan memberikan resiko besar seperti terkena paru-paru basah. Selain itu, mandi pada pukul 8 sampai 12 malam juga tidak dianjurkan karena pada saat itu jantung tidak bisa menerima sentuhan air yang memiliki suhu dingin terkena dengan badan Anda. Pada pukul 3 sampai 4 sore juga tidak dilanjutkan karena di jam tersebut, darah memiliki suhu yang sedang panas. Jika Anda mandi untuk menurunkan suhu tersebut, maka akan membuat Anda lemas.

Itulah ketiga alasan mengapa Anda sangat tidak dianjurkan untuk terlalu sering mandi atau terlalu lama saat mandi. Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Jika Anda menginginkan kesegaran, maka lakukanlah hal lain selain mandi. Juga saat mandi, Anda harus memperhatikan jamnya agar tidak berakibat fatal. Selain jam, perhatikan juga air yang digunakan. Pada pagi hari lebih baik menggunakan air dingin, malam hari menggunakan air hangat.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search