banner here

Tips Mudah Mengatasi Jerawat di Kepala Tanpa Meninggalkan Bekas

- 17.22
advertise here

Jerawat menjadi masalah yang cukup serius khususnya bagi kaum hawa. Umumnya jerawat muncul di wajah, tetapi tidak jarang jerawat yang muncul di kepala. Kemunculan jerawat di kepala sangat mengganggu terutama saat menyisir rambut. Kepala terasa sakit saat sisir menyentuh bagian kepala yang ditumbuhi jerawat. Bukan itu saja kepala juga terasa gatal akibat jerawat yang muncul. Jerawat di kepala bisa muncul karena beberapa hal misalnya penggunaan minyak rambut dan jarang keramas. Penggunaan minyak rambut dapat merangsang kulit kepala untuk menghasilkan minyak yang berlebih karena zat kimia yang dikandungnya. Produksi minyak di kepala yang berlebih tersebut menyebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga jerawat bisa tumbuh. Jangan salah bahwa jerawat yang tumbuh di kepala bukan karena zat kimia dalam shampo tetapi lebih karena produksi minyak berlebih di kepala.

Gejala timbulnya jerawat sama dengan gejala saat ada ketombe yaitu dengan rasa gatal. Setelah itu timbul rasa nyeri yang menyebabkan kepala terasa sakit dan pusing saat disentuh di bagian yang ditumbuhi jerawat. Gejala tersebut sangat mengganggu kenyamanan dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Kegiatan dapat terganggu hanya karena jerawat yang tidak terlihat. Oleh karenanya harus segera diatasi.

Cara yang mudah untuk mengatasi jerawat di kepala adalah membersihkan kepala lebih rutin dari biasanya. Apabila sebelumnya keramas dua hari sekali maka bisa dicoba keramas setiap hari. Selain keramas bisa juga menggunakan air perasan jeruk lemon. Caranya cukup mencampurkan air perasan jeruk lemon dengan air sebanyak satu sendok makan di dalam wadah. Selanjutnya gunakan air campuran tersebut untuk membilas kulit yang ditumbuhi jerawat. Gunakan cara tersebut setiap hari hingga jerawat benar-benar tidak tumbuh lagi. Untuk pencegahan gunakan campuran air lemon tersebut setiap satu minggu sekali.

Selain lemon bahan lain yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat di kepala adalah bawang putih. Bawang putih ternyata mengandung zat anti bakteri sehingga bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi jerawat. Cara pemakaiannya sangat mudah. Kupas bawang putih dari kulitnya kemudian haluskan. Lebih mudah haluskan dengan cara diparut. Selanjutnya pijat kepala yang ditumbuhi jerawat dengan menggunakan parutan bawang putih tersebut. Tunggu beberapa menit dan bilas menggunakan shampoo hingga bersih dari bau bawang putih.

Apabila langkah tersebut belum dapat mengatasinya, segera berobat ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat oles yang diaplikasikan pada jerawat. Selain itu dokter juga memberikan obat minum yang berupa antibiotik. Tujuan obat oles adalah untuk memperkecil jerawat di kepala, sedangkan antibiotik bertujuan untuk mengurang rasa nyeri yang ditimbulkan. Langkah tersebut biasanya akan berhasil apabila belum mengalami infeksi. Jerawat di kepala yang sudah mengalami infeksi membutuhkan penanganan khusus, sehingga tidak dapat diperlakukan sama.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search