banner here

Hilangkan Perut Buncit Dengan Lemon dan Jahe

- 03.11
advertise here

Masalah perut buncit pun seringkali menghampiri dan membuat penampilan tidak indah dan membuat menjadi lebih minder. Selain membuat penampilan anda tidak enak dipandang, perut buncit pun dapan menimbulkan resiko masalah kesehatan. Itu sebabnya banyak orang mencari cara untuk menghilangkan tumpukan lemak perutnya. Larutan air lemon dan jahe telah menjadi resep warisan turun temurun untuk mengecilkan perut buncit. Namun, apakah cara ini memang manjur atau hanya cerita semata? Perut buncit terjadi ketika lemak terlalu banyak menumpuk di area perut dan sekitar pinggang. Penumpukan lemak perut ini bisa disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat, kolesterol, dan lemak, peningkatan hormon stres kortisol, hingga kurang olahraga.

Perut buncit juga bisa dipicu oleh konsumsi alkohol berlebihan, sehingga tak heran jika sering disebut dengan beer belly atau perut bir. Nah, lemon banyak dipakai sebagai salah satu bahan alami penurun berat badan karena dipercaya membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme, semakin cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar. Selain itu, lemon memiliki sifat diuretik alami yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan pemicu sembelit. Logikanya, semakin banyak sisa makanan yang mengeras menumpuk di usus, semakin bobot badan bertambah.

Teori lainnya adalah bahwa lemon merupakan sumber makanan yang amat rendah kalori sehingga tidak akan memicu kenaikan berat badan, karena sifat asamnya justru membantu meredam rasa lapar. Begitu pula dengan jahe. Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta membakar lemak, sehingga membantu mengurangi nafsu makan. Dr. Len Kravitz dalam artikel Biological and Pharmaceutical Bulletin menyatakan bahwa jahe dapat menekan produksi hormon kortisol.

Cara membuat ramuan air lemon dan jahe :

  • Siapkan panci kecil dan panaskan 4 gelas air atau secukupnya.
  • Ambil lemon segar, bersihkan, dan potong lemon menjadi beberapa bagian.
  • Ambil satu ruas jahe, bersihkan, dan potong ke dalam beberapa bagian. Kamu juga bisa menggunakan jahe bubuk.
  • Masukkan beberapa potongan jahe atau 1 sendok makan bubuk jahe ke dalam panci berisi air.
  • Kemudian masukkan 1 hingga 2 potongan lemon.
  • Biarkan hingga mendidih dan setelahnya tuangkan ke dalam gelas.
  • Kamu bisa menambahkan satu sendok madu jika ingin ramuan air lemon dan jahe terasa lebih manis di lidah.
Walau masing-masing bahan memiliki manfaat untuk membantu mengikis lemak tubuh, namun apakah campuran keduanya menjadi resep yang ampuh untuk menurunkan berat badan? Untuk soal itu, jawabannya masih belum jelas. Dilansir dari Self, Alissa Rumsey, R.D., juru bicara dari Academy of Nutritions and Dietetics, memberikan sedikit pandangannya mengenai hal tersebut. “Lemon yang dilarutkan di air panas sebenarnya tidak menyebabkan berat badan turun,” ujarnya. Pernyataan Rumsey juga didukung oleh Anna Z. Feldman,M.D., seorang ahli endokrinologi di Joslin Diabetes Center, dilansir dari Women’s Health. Feldman mengungkapkan bahwa sebenarnya lemon tidak berpengaruh langsung untuk menurunkan berat badan, namun memang tidak dapat disangkal kandungannya baik untuk tubuh kita.

Meski begitu, lemon diperkaya dengan vitamin C yang dapat meningkatkan stamina tubuh. Menambahkan jahe dalam larutan air lemon mungkin bisa mempercepat penurunan berat badan. Jahe merupakan stimulan yang memiliki efek mirip kafein. Kombinasi efek stimulan dari jahe dan peningkat stamina dari lemon dapat menambah energi dan semangat untuk berolahraga. Inilah yang akan membantu membakar kalori dan lemak perut untuk menghasilkan perut yang rata. Dengan kata lain, minum larutan air lemon dan jahe saja setiap pagi tidak akan serta merta membuat perut rata. Tidak ada satu ramuan atau obat yang dapat secara instan bekerja sendiri untuk mengecilkan perut buncit. Kamu tetap perlu melakukan usaha lainnya untuk mewujudkan hal ini, yaitu dengan olahraga dan diet yang seimbang. Jika kamu tidak beraktivitas fisik dan pola makan sehat, manfaat air lemon dan jahe untuk membantu mengecilkan perut buncit akan sia-sia saja.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search