banner here

Trik Mengenalkan Gaya Hidup Hemat Kepada Si Kecil Sejak Dini

- 23.33
advertise here
 
Hemat menjadi salah satu gaya hidup yang amat bagus dilakukan. Hemat ini berbeda dengan pelit dimana hemat adalah bisa mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang memang penting dan berguna. Sedangkan pelit adalah tidak mau mengeluarkan uang sekalipun meski memang sedang dibutuhkan. Hidup hemat ini sangat penting sehingga bisa hidup dengan lebih bersahaja tanpa boros. Bahkan sejak kecil pun sudah diajarkan dimana hemat pangkal kaya.

Hidup hemat ini memang seharusnya sudah dikenalkan kepada anak sejak dirinya masih kecil. Dengan demikian maka anak akan lebih mudah untuk bisa mengenal dan membiasakan diri hidup secara hemat dengan apa yang dimiliki. Untuk bisa mendidik hidup hemat, tentu adalah peran terbesar dari orang tua. Berikut ini beberapa tipsnya:

  • Jangan biasakan metode hadiah dan hukuman
Salah satu cara mendidik anak yang sudah sejak dulu diterapkan kepada anak adalah dengan hadiah dan hukuman yakni diberikan hadiah ketika berbuat baik dan diberi hukuman jika sebaliknya. Memang melakukannya sekali-sekali tidak akan jadi masalah. Namun jika terlalu sering memberikannya hadiah pun sebetulnya bukan hal yang baik dimana akan bisa terbawa sampai dewasa. Hal buruk lain yang bisa terjadi adalah ketika dirinya sudah dewasa, maka dikhawatirkan mereka akan meminta imbalan pada setiap perbuatan baiknya.

  • Metode konsekuensi
Konsekuensi merupakan metode akibat dari suatu perbuatan atau alasan tertentu. Untuk metode konsekuensi ini bisa dilakukan dengan konsekuensi alami misalnya ketika anak tidak mau hemat dan menabung maka dirinya tak akan bisa mendapatkan benda yang diinginkannya. Dengan konsekuensi ini maka anak pun akan berpikir ulang dan mau lebih disiplin. Selain itu juga ada konsekuensi logis dimana konsekuensinya melibatkan peran orang tua. Untuk bisa memberikannya semangat menabung, maka ketika dirinya sudah mulai belajar menabung dan inginkan sesuatu maka ada baiknya jika Anda memberikan tambahan ketika anak merasa bahwa uang tabungannya tak akan cukup.

  • Lakukan aktivitas berhemat bersama
Dibanding terus menerus menyuruh anak berhemat, ada baiknya jika Anda bisa lebih dulu menjadi contoh untuknya. Anda bisa meletakkan celengan di tempat yang mudah dilihatnya dan menabunglah di celengan itu ketika anak melihat. Dengan demikian tanpa Anda harus marah atau menyuruh, hal ini sudah terpatri pada pikiran anak dimana dirinya bisa meniru perilaku baik dari orang tuanya.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin bisa mengajarkan kepada anak untuk hidup secara hemat. Metode pengajaran tersebut menanamkan jika segala hal akan bisa didapatkan dengan berusaha. Pastikan orang tua untuk selalu mendukung dan memotivasi dirinya sehingga anak bisa kian bersemangat dan lebih giat lagi dalam hidup berhemat.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search