banner here

Beberapa Hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Flu

- 05.24
advertise here

Flu memang sangat menyiksa ketika sedang melakukan aktivitas. Seringkali ketika flu hidung tersumbat dan membuat tidak dapat bernafas. Namun, bagaimana hal itu bisa terjadi pada saat flu ? Hal itu disebabkan oleh virus yang mengandung bahan kimia histamines, Menurut American Academy of Otolaryngology. Virus ini akan meningkatkan aliran darah ke hidung, sehingga jaringan dalam hidung menjadi meradang atau membengkak. Kondisi ini membuat udara yang keluar atau masuk hanya memiliki sedikit ruang, jadi kita pun sering merasa pengap dan tersumbat.

Selain itu, hidung sedang memproduksi lendir saat sedang flu, sehingga terasa makin tersumbat lagi. Namun, ada banyak cara untuk mengencerkan lendir di hidung Anda sehingga dapat membantu melegakan pernafasan. Seperti yang dilansir dari Refinery29, berikut tujuh cara mengatasinya.

  • Meniup hidung

Saat hidung tersumbat, cobalah untuk meniup lembut hidung ke arah atas. Menurut Mayo Clinic di Amerika Serikat, cara tersebut sedikit banyak dapat membantu menghilangkan lendir di saluran hidung.

  • Menggunakan semprotan hidung

Saline spray atau semprotan khusus hidung yang mengandung garam dapat membantu mengeluarkan lendir. Menurut MedlinePlus, semprotan ini cukup banyak di jual di apotek atau toko obat. Namun, Anda juga bisa membuat sendiri dengan menggunakan campuran air hangat, garam dan soda kue yang di tampung pada baskom dan kemudian dihirup. Akan tetapi, mereka mengimbau agar jangan terlalu sering melakukannya. Sebab, terlalu banyak menghirup zat garam dapat menimbulkan infeksi pada hidung. 

  • Menggunakan kain lap hangat

Letakkan kain lap hangat di wajah sesaat ketika Anda merasa seperti ada lendir yang keluar di hidung. Menurut MedlinePlus, cara tersebut dapat membantu menguras lendir di dalam hidung. Lakukan sesering mungkin apabila lendir kembali keluar.

  • Banyak minum air yang cukup

Minum banyak cairan seperti air putih maupun teh hangat dapat membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Dengan begitu, lendir di dalam hidung pun secara otomatis akan menipis.

  • Menghirup uap hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat sebanyak 2 kali sehari dapat membantu melegakan saluran pernapasan. Sebab, saat Anda menghirup uap hangat tersebut lendir di dalam hidung mulai mencair. Namun, Anda juga bisa meletakkan wajah di atas baskom yang berisi air hangat dan mulailah menghirup uapnya.

  • Menggunakan humidifier

Humidifier atau alat pelembab udara dapat membantu mencairkan lendir di dalam hidung. Selain itu, alat tersebut juga bisa mencegah Anda dari kemungkinan terkena iritasi pada hidung jika terlalu sering menghirupnya.

  • Berbaring dengan bantal yang agak tinggi

Hidung tersumbat seringkali terjadi saat tidur di malam hari. Maka, sebaiknya ketika tidur gunakan bantal yang sedikit lebih tinggi, agar lendir di dalam hidung bisa tetap mengalir ke dalam tenggorokan Anda.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search