banner here

Inilah Bahayanya Jika Sering Konsumsi Minuman Bersoda

- 01.26
advertise here

Dizaman yang semakin modern ini banyak sekali orang-orang yang menyukai makanyan fast food, biasanya makanan ini disandingkan dengan minuman bersoda. Lain dulu lain sekarang, kenapa demikian? Karena pada zaman dulu restoran makanan siap saji seperti McD, KFC masih sangat jarang. Sekarang banyak sekali cabangnya bahkan buka hingga 24 jam sehingga mempermudah anda untuk membelinya. Ternyata saat ini juga banyak orang mengonsumsi satu sampai dua kaleng soda setiap harinya. Padahal, riset terbaru menemukan bahwa konsumsi soda walau dalam jumlah kecil dapat meningkatkan risiko kanker. Peneliti mempelajari lebih dari 35.000 pria dan wanita dari Australia, di mana 3.283 orang mengalami kanker yang terkait obesitas karena minum soda setiap hari. "Para periset menemukan bahwa orang yang minum soda memiliki risiko tinggi mengembangkan berbagai jenis kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak minum soda," ucap Allison Hodge selaku pemimpin riset. Profesor Hodge melihat banyaknya jenis kanker terkait obesitas, seperti ginjal, payudara pasca menopause, pankreas, hati, prostat, kantong empedu, dan masih banyak lainnya. 

Penelitian yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari The Cancer Council Victoria ini menemukan bahwa penyebab kanker bukan karena kelebihan berat badan. Periset juga menemukan bahwa orang yang tidak mengalami obesitas pun memiliki risiko terkena kanker akibat konsumsi soda. Bahkan, menurut Profesor Hodge, mereka yang mengonsumsi soda diet juga beresiko mengalami obesitas yang sama besarnya dengan mereka yang mengonsumsi soda biasa, yang juga mengandung risiko penyakit jantung. Kanker bukan satu-satunya kondisi kesehatan yang terkait dengan mengkonsumsi soda. Soda dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kerusakan gigi, dan asam urat. Sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa 80.000 wanita yang mengonsumsi sekaleng soda setiap hari memiliki risiko 75 persen lebih tinggi terkena asam urat daripada wanita yang jarang mengonsumsi minuman tersebut.

Hasil serupa juga ditemukan periset saat meneliti para pria. Penelitian juga menunjukkan bahwa minuman ini berkontribusi terhadap diabetes. Sebuah riset lain yang meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun, juga menemukan fakta bahwa wanita yang minum satu soda sehari memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang tidak minum soda. Masalahnya, soda memang minuman yang begitu menggoda. Sangat sulit menghindarinya. Bahkan, presiden kontroversial AS pun tak bisa menghindari nikmatnya minuman ini. Apalagi, minuman ini juga mudah didapatkan. Sama seperti kecanduan obat-obatan, kebiasaan konsumsi soda ini harus segera dihentikan. Saat kita telah terbiasa mengonsumsi soda, maka kita telah mengonsumsi dua zat yang berbahaya, yaitu soda dan kafein. "Butuh beberapa minggu untuk benar-benar melupakan keinginan mengonsumsinya," kata Barry Popkin, selaku direktur University of North Carolina Program Obesitas Interdisipliner.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search