banner here

Coklat Hitam Ternyata Memiliki Manfaat yang Tidak Terduga

- 01.01
advertise here
Siapa yang tidak menyukai coklat, pasti semua orang menyukainya karena coklat merupakan salah satu makanan yang menjadi primadona. Coklat ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat terutama dark chocholate atau cokelat hitam. Santapan lezat ini mungkin salah satu hal terbaik untuk dikonsumsi setiap hari karena lebih banyak penelitian menemukan manfaat kesehatannya. Dilansir Techtimes, cokelat jenis ini memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi dan tidak mengandung produk susu. Selain itu, cokelat hitam juga dianggap sebagai 'makanan super' berkat sejuta manfaat di dalamnya. 

Maka tak heran jika banyak pakar diet yang menyarankan untuk menambahkan makanan ini di dalam program diet. Dark chocolate juga dianggap aternatif yang lebih sehat daripada cokelat susu. Riset baru menunjukkan, cokelat hitam dengan konsentrasi kakao yang tinggi dapat membantu meningkatkan memori seseorang. Bahkan, riset menyebutkan makanan ini dapat membantu seseorang meningkatkan tingkat kekebalan dan mengurangi tingkat stres. Dr. Lee S. Berk dari Loma Linda University, AS, dan timnya melakukan dua penelitian yang menunjukkan, kandungan kakao yang tinggi pada cokelat biasa memiliki dampak positif untuk manusia. Salah satu riset berfokus pada dampak dari 70 persen konsumsi cokelat kakao pada sistem kekebalan tubuh manusia dan ekspresi gen sel dendritik. 

Hasil menunjukkan, makan cokelat meningkatkan aktivasi sel T, respon imun seluler dan gen yang terlibat dengan sinyal saraf dan peningkatan persepsi sensorik. Sementara itu, riset kedua menunjukkan peningkatan perilaku dan kesehatan otak berkat konsumsi cokelat. "Semua riset ini menunjukkan kepada kita, semakin tinggi konsentrasi kakao, semakin positif dampaknya pada kognisi, memori, suasana hati, kekebalan dan efek menguntungkan lainnya," ucap Berk. Berk menekankan, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan pada populasi yang lebih besar untuk mengkonfirmasi temuan baru ini.

Selain temuan terbaru dari riset ini, dark chocholate juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan risiko terkena diabetes. Itu juga bisa mencegah berbagai penyakit dari yang terjadi seperti kanker tertentu, penyakit kardiovaskular, dan gangguan degeneratif yang berkaitan dengan usia. Bagi wanita, cokelat hitam dikatakan membantu mengatasi kram saat menstruasi. Dark chocholate ternyata membantu peningkatan dorongan seksual dan membantu menurunkan berat badan. Cokelat jenis ini juga baik untuk jantung karena mengandung sejumlah besar serat dan antioksidan yang menyehatkan jantung. Bahkan, dark chocholate dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search