banner here

Tips Jitu Diet Vegan Untuk Pemula

- 19.39
advertise here
Diet banyak sekali jenisnya, namun salah satu jenis diet yang satu ini merupakan salah satu diet yang lumayan banyak digunakan karena memiliki berbagai macam manfaat. Diet vegetarian atau sering disebut dengan diet vegan  sering kali dilakukan dengan berbagai alasan salah satunya yang menarik adalah etika karena menghormati hak hewan dan lingkunhan serta banyaknya manfaat bagi kesehatan. Bagi yang baru mau mulai menjadi vegan tapi masih bingung bagaimana melakukannya dengan benar, catat beragam tips diet vegan di bawah ini. Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pastikan dan jangan sampai tertukar antara diet vegan dan diet vegetarian. 

Ini merupakan dua hal yang berbeda. Vegan adalah salah satu dari berbagai jenis diet vegetarian. Diet vegan umumnya menghindari konsumsi semua produk hewani, termasuk olahan dari hewan seperti susu, keju, telur, gelatin, madu, dan sebagainya. Sementara diet vegetarian menghindari daging dan produk hewani, tapi beberapa masih mengonsumsi susu, telur, dan madu. Tak seperti bayangan orang-orang, sebenarnya diet vegan bisa kita jalani tanpa harus merasa sengsara karena tidak bisa mengonsumsi produk pangan hewani. Lalu apa saja tips diet vegan buat orang yang baru mau mulai menjalaninya?

1. Jangan menunda-nunda

Menurut dr. Michael Klapper, seorang dokter sekaligus pakar diet nabati, jangan menunda-nunda untuk mulai diet vegan. Beberapa orang memang masih ragu dan belum percaya diri, sehingga hanya berwacana terus untuk memulai diet ini. Padahal, semakin menunda tidak akan membuat kita semakin mantap memulai. Maka itu, lebih baik praktikkan langsung diet ini dengan menantang diri sendiri secara bertahap. Misalnya mulai dengan satu hari saja, kemudian tiga hari, satu minggu, hingga satu bulan. Lama-lama, tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan ini dan kamu bisa menjadi vegan sepenuhnya.

2. Buat rencana makan (meal plan) 

Setelah membulatkan tekad untuk melaksanakan diet ini, langkah berikutnya yang tak kalah penting adalah membuat rencana makan (meal plan). Hal ini bertujuan untuk menghindari mengonsumsi makanan non-vegan secara tidak sadar maupun secara sadar. Kamu bisa mengatur menu makan mulai dari sarapan, camilan, hingga makan malam. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang tidak ada dalam menu yang telah kamu rancang. Ini memang harus disiplin, tapi nantinya akan semakin mudah menjalani pola makan ini.

3. Mulai dengan makanan yang sederhana 

Tips diet vegan selanjutnya yang bisa dilakukan yakni mulai dengan makanan-makanan yang ringan. Sebab, ada berbagai macam makanan berbahan dasar nabati yang menarik untuk dicoba. Namun, untuk menghindari kebingungan dalam menentukan makanan vegan untuk dikonsumsi, sebaiknya mulai dengan makanan vegan yang ringan dan mudah untuk dibuat di rumah. Kamu mungkin sering melihat berbagai resep vegan yang sangat menggiurkan di internet, tapi hal ini bisa jadi bumerang. Apalagi kalau tidak terlalu pandai masak. Kamu justru akan merasa kewalahan karena harus repot masak dan berburu bahan-bahan vegan tertentu. Padahal, vegan itu tidak serepot bayangan kok.

Maka itu, mulailah dengan makanan yang sederhana, mudah diolah, dan mudah didapatkan. Misalnya sarapan dengan roti selai kacang dan susu kedelai. Untuk camilan, siapkan buah segar atau jus. Kamu bisa makan siang dengan gado-gado tanpa telur. Bila ingin ngemil lagi, bisa mencoba kacang-kacangan atau tahu isi sayur. Sedangkan untuk makan malam bisa menyantap tumis sayur dan jamur dengan nasi merah. Jangan lupa untuk memastikan menu makan itu tidak hanya enak, tapi juga kaya karbohidrat, protein, dan serat untuk menunjang aktivitas.

4. Tambahkan porsi kalau masih lapar 

Saat mulai transisi ke pola makan vegan, kamu mungkin jadi gampang lapar. Hal ini normal karena meskipun makanan nabati kaya akan berbagai nutrisi, kandungan kalorinya tetap lebih rendah daripada produk pangan hewani. Solusinya, kamu bisa menambahkan porsi setiap kali makan. Karena makanan nabati umumnya rendah lemak dan kalori, menambah porsi makan tidak lantas membuat kamu gemuk.

5. Bergabung dengan komunitas vegan 

Terakhir, tapi yang tidak kalah penting, bergabung dan berkumpul bersama orang-orang vegan lainnya bisa membuat dirimu tetap termotivasi. Pasalnya, lingkungan sosial memiliki peran penting dalam menunjang aktivitas dan gaya hidup sehari-hari. Selain itu, kamu juga bisa saling berbagi tips diet vegan atau resep-resep menarik dengan anggota komunitas.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search