banner here

Inilah Alasan Mengapa Kopi Bisa Bikin Dehidrasi

- 22.48
advertise here
Menurut para peneliti dan pecinta kopi, kopi memang baik jika dikonsumsi karena dapat melancarkan peredaran darah dan membuat jantung sehat. Namun, pada saat yang sama pernah kah merasa ketika setelah minum kopi lebih sering buang air kecil? Jika merasa begitu, itu adalah salah satu tanda bahwa kopi bisa membuat tubuh kita dehidrasi. Sebetulnya tak hanya kopi yang membuat kita sering ke toilet, namun juga minuman lainnya yang mengandung kafein seperti soda dan teh.

"Kafein memiliki efek diuretik yang akan membuat kita buang air kecil lebih sering daripada saat normal," kata Ahli Penyakit Dalam dan spesialis obat-obat obesitas, Charlie Seltzer, MD kepada PopSugar. Dalam porsi yang sama, kata dia, minuman berkafein akan mengeliminasi lebih banyak air ketimbang jika mengkonsumsi air biasa. "Mengkonsumsi kopi dalam ukuran delapan ons akan membuat tubuh terhidrasi daripada tidak meminum apapun. Tapi efek hidrasinya akan lebih sedikit daripada minum delapan ons air," kata Dr Seltzer.

Jadi, apakah minum kopi membuat dehidrasi? Secara teknis, ya. Namun sangat kecil dampaknya dan tidak akan merusak sistem tubuh secara keseluruhan. Bahkan jika kamu tergolong penggila kopi, meminum beberapa gelas kopi (dalam jumlah wajar) masih tak menjadi masalah. Hanya saja, pastikan kita juga mengkonsumsi banyak air untuk kesehatan tubuh, kulit dan energi.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search