banner here

Jadi Makanan Favorit Kini Populasi Tuna Mulai Terancam

- 23.01
advertise here
Diberbagai negara ikan ini menjadi salah satu santapan favorit terutama di Jepang, ikan ini menjadi salah satu makanan yang selalu di hidangkan di restoran sushi dan biasa disebut dengan sashimi. Ikan tuna sudah menjadi favorit bagi setiap negara karena memiliki rasa yang enak. Jenis olahan yang paling banyak dikonsumsi misalnya dalam bentuk tuna kaleng atau diolah menjadi sushi dan sashimi. Ada sekitar 40 spesies tuna yang hidup di lautan Atlantik, Indian, dan Pasifik, serta laut Mediterania. 

Untuk tuna kalengan, biasanya yang dicari adalah yang dagingnya tidak terlalu tebal seperti jenis skipjack dan yellowfin. Sementara untuk sushi dan sashimi, tuna berlemak bluefin (sirip biru) paling dicari di Jepang. Bukan cuma kandungan asam lemaknya, tapi tuna juga rasanya lezat. Permintaan tuna yang tinggi berdampak pada populasi tuna yang terus menurun. Organisasi PBB untuk Makanan dan Pertanian (FAO) mengingatkan pentingnya manajemen yang efektif untuk mengembalikan stok ikan yang paling banyak ditangkap, termasuk tuna. 

Total tangkapan tuna dan spesies tuna mencapai 7,7 metrik ton dari seluruh dunia. Menurut FAO ini adalah rekor baru tangkapan tuna. Tanggal 2 Mei diperingati oleh PBB sebagai Hari Tuna Sedunia. Tujuan dari peringatan tersebut untuk mengenali pentingnya peran tuna dalam pembangunan yang berkelanjutan, keamanan pangan, kesempatan ekonomi, dan juga mata pencarian penduduk.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search