banner here

Minum Multivitamin Sebaiknya Saat Sehat Bukan Saat Sakit

- 00.03
advertise here
Cara untuk menjaga kesehatan sangat banyak, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin. Beberapa orang beranggapan bahwa multivitamin itu dapat menyembuhkan. Sebenarnya, fungsi dari multivitamin terbut adalah untuk menjaga kekebalan tubuh bukan sebagai obat yang menyembuhkan penyakit tersebut. Karena itu, menurut Rachel Olsen, pakar nutrisi Youvit, mengonsumsinya saat sedang sakit tidaklah tepat.

"Multivitamin itu adalah pelengkap nutrisi harian," kata Rachel di peluncuran multivitamin Youvit, Jakarta, Senin (30/4/2018). Sebagai pemenuh nutrisi harian, multivitamin dianjurkan untuk rutin diminum, bukan saat sakit saja. Jika diminum saat sakit, katanya, sudah pasti tidak berdampak karena fungsinya yang bukan sebagai obat. Untuk waktu minum, sebenarnya tidak ada jadwal pasti, namun dianjurkan dikonsumsi setelah makan. Pasalnya, dalam multitvitamin, terutama yang memiliki kandungan vitamin A, D dan E yang larut dalam lemak.

"Sehingga diserap tubuh lebih maksimal setelah makan. Tapi aman juga dikonsumsi sebelum makan pun juga aman," kata Rachel. Selain itu, penting juga untuk konsisten dan membuat kebiasaan mengasup multivitamin di waktu yang sudah ditetapkan. Dia mencontohkan mengonsumsi saat pagi hari setelah makan. "Hal ini untuk menghindari lupa diasup," katanya. 

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search