banner here

Cara Merawat Printer Inkjet Agar Awet

- 06.13
advertise here
Tidak dapat dipungkiri jika perangkat printer menjadi wajib dimiliki ketika aktif memakai komputer, atau berada di lingkungan perkantoran, toko, gudang, dan lain sebagainya. Selain perlu menyediakan komputer tentu kegiatan mencetak dokumen hasil kerja maupun laporan dilakukan dengan printer. Jenis printer di pasaran sangat banyak seperti yang ditawarkan di berbagai situs jual beli online, dan salah satunya adalah printer inkjet, yakni printer yang dibeli dalam satu paket.

Jadi ketika sudah sampai di rumah printer ini bisa langsung dipakai lantaran tintanya sudah ada dan terpasang di bagian dalam. Ketika tinta habis tinggal membeli yang baru kemudian diisikan ke dalamnya kembali sesuai buku panduan yang ikut dibeli. Printer jenis ini memang yang paling banyak digunakan baik untuk perorangan di rumah pribadinya maupun di perkantoran dan tempat usaha. Kalau Anda ke warnet dan menjumpai ada printer maka dipastikan jenisnya adalah inkjet.

 
Merawat Printer Jenis Ini dengan Baik

Salah satu alasan mengapa printer ini banyak dipilih adalah karena memiliki harga yang paling murah dibanding jenis lainnya. Tidak sulit menemukan harga Rp 500 ribuan untuk per unitnya yang masih gress alias baru jadi Anda lah yang menjadi pemakai pertamanya. Selain itu juga fungsional, sehingga tidak hanya bisa dipakai mencetak dokumen dari komputer namun juga melakukan scan, fotocopy, dan sebagainya tergantung fitur yang disediakan masing-masing vendor. 

Alasan tambahan yang membuat printer inkjet juga dijadikan favorit adalah perawatannya yang simpel. Namun jangan sampai diabaikan, sebab bisa membuatnya cepat rusak dan perawatan wajibnya antara lain:

1. Gunakan mencetak dokumen secara rutin,

Penggunaan tinta dalam bentuk cartridge membuat printer jenis ini baiknya digunakan sesering mungkin, paling tidak dipakai mencetak dokumen per dua hari sekali. Tujuannya untuk memastikan tidak ada saluran tinta dan komponen lain yang rusak. Sebab dibiarkan diam terlalu lama malah merusak komponen per komponen sehingga bisa tidak bisa dipakai sama sekali.

2. Pastikan dibersihkan setiap hari,

Printer jenis ini juga mudah rusak ketika bersinggungan dengan debu dan kotoran lain yang kemudian berhasil masuk ke komponen vital di bagian dalam. Jadi luangkan waktu Anda sejenak untuk membersihkan printer tersebut, minimal mengelapnya dengan kemoceng. Tidak perlu membongkar bodynya sebab malah memicu kerusakan apabila Anda kurang paham perangkat printer. Mengingat terdapat beberapa komponen yang tidak bisa dipegang sembarangan.

3. Gunakan tinta sesuai rekomendasi pabrik,

Memastikan hasil cetakannya berkualitas dan mesin printer jenis ini juga awet maka gunakan tinta sesuai rekomendasi pabrik. Memang agak mahal, namun dijamin printer awet bebas yang namanya macet, tinta kering, tinta muncrat, dan lain-lain. Apabila tinta aslinya sulit didapatkan silahkan mencarinya ke toko online terpercaya supaya benar-benar mendapatkan yang sesuai. Internet tentu bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan satu ini, sehingga jangan ragu untuk mencobanya.

4. Teliti dalam memilih kertas,

Segala jenis printer sebenarnya akan lebih mudah awet ketika memakai jenis kertas yang tepat, yakni ukuran dan ketebalannya pas. Inilah alasan mengapa kertas buram kini sudah mulai ditinggalkan, memang murah namun bisa merusak printer. Sebab terlalu tipis dan mudah tersangkut di tengah sehingga proses mencetak dokumen bisa terhambat terlalu sering. Gunakan kertas yang benar, bila perlu tanyakan jenis kertasnya pada penjual printer inkjet itu sendiri sehingga bisa memastikan tidak akan salah beli.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search