banner here

10 Aktivitas yang Dapat Menambah Energi

- 11.42
advertise here
Energi adalah salah satu bagian penting untuk menjalani hari. Sayangnya, sering kali kita justru menghabiskan energi untuk aktivitas yang tidak penting. Bahkan, beberapa aktivitas itu dilakukan karena kebiasaan dan kian memperparah keadaan. Dikutip dari Reader’s Digest, berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan ntuk mendapatkan energi kembali: 
 Ilustrasi membaca buku
1. Satu jam sebelum tidur, matikan TV dan lepas pekerjaan

Coba bersantai dengan baca-baca buku bagus, menyulam, teka-teki silang, atau menggambar. Mandi air hangat dan dengarkan musik yang menenangkan juga bisa jadi pilihan. Ritual ini akan membantu tertidur lebih cepat dan nyenyak sehingga menghasilkan lebih banyak energi pada hari berikutnya. 

2. Memaafkan

Merenungkan peristiwa masa lalu atau menyimpan dendam dan kebencian pada orang lain hanya menghabiskan energi. "Cobalah memaafkan dan jangan menghabiskan banyak upaya untuk membalas," kata Wilson. Kamu bisa memaafkan orang dengan menulis surat yang isinya tidak ada lagi kebencian terhadap mereka. Oh, dan kamu tidak perlu mengirim surat itu. Cukup menulis saja. 

3. Mengatur prioritas

Banyak orang disibukkan dengan berbagai pekejaan dan acara. Namun, tak semua permintaan dan agenda harus dituruti. Pilihlah mana yang lebih penting dan berguna. Bila seseorang mengajak atau mengundang untuk melakukan sesuatu, pikirkan dahulu apakah ini berguna, apakah itu sesuatu yang benar-benar ingin dilakukan, atau sekadar menghabiskan energi dan waktu. 

4. Semangat dari segelas kopi
Kalau kamu membutuhkan suntikan espresso empat kali lipat hanya untuk "melek", mungkin justru kamu malah menguras energi. Penelitian yang menarik dari Brigham and Women's Hospital, Harvard Medical School, menemukan, dosis rendah kafein—jumlah dalam seperempat cangkir kopi—lebih efektif daripada beberapa dosis kafein dalam membuat orang tetap terjaga dan bersemangat. 

5. Berjalan dan bersyukur

Biasakan berjalan kaki untuk menikmati suasana sekaligus mensyukuri hidup. Saat kamu berjalan, fokuskan pikiran pada apa yang paling disyukuri. Setelah berjalan, buatlah catatan mental tentang perasaan. “Teknik sederhana ini menggabungkan kekuatan rasa bersyukur dengan efek positif berjalan dan olahraga, yang akan membanjiri otak dengan neurotransmitter dan endorfin yang bahagia," kata Jon Gordon, professional speaker dan penulis Become an Energy Addict. Ini adalah latihan yang sederhana, namun kuat, karena memberi energi pada pikiran dan tubuh serta membangun otot mental dan fisik. 

6. Minum air segar
Kelelahan sering kali merupakan salah satu gejala pertama dehidrasi. Dan jika sepanjang hari kamu hanya minum kopi dan minuman ringan, kemungkinan besar kamu mengalami dehidrasi. Air yang dingin dan segar akan mengembalikan kesegaran tubuh, memperlancar sirkulasi, dan memberi energi. Rasa dingin yang menyegarkan juga akan membangunkan semangat. 

7. Minum vitamin

Penelitian di University of California di Berkeley menemukan, asam amino L-karnitin dan asam alpha-lipoic antioksidan dapat meningkatkan memori dan energi. Salah satunya dengan memperbaiki cara sel-sel tubuh menghasilkan energi. Bruce Ames, salah satu penulis penelitian dan seorang profesor biokimia dan biologi molekuler di Berkeley mengatakan, kamu dapat mengonsumsi multivitamin harian dan makan diet seimbang yang kaya buah dan sayuran berwarna. 

8. Makan makanan sehat

Makanan adalah sumber energi. Jadi memilih makanan yang sehat juga akan mempengaruhi semangat dan aktivitas kita. Terlalu banyak makan atau memilih makanan yang tak sehat, seperti gorengan dan makanan manis, justru membuat kita malas dan lamban. Jadi pilih makanan sehat dan konsumsilah di saat yang tepat. Untuk menjaga energi, kita bisa ngemil makanan sehat seperti segenggam kacang panggang, atau buah-buahan. Yogurt tanpa lemak ditaburi dengan biji rami juga bisa membuat camilan enak. 

9. Peregangan dan olahraga

Berolahraga bukanlah kegiatan yang menghabiskan energi. Justru dengan berolahraga, tubuh akan makin kuat dan pikiran menjadi positif. Ini akan memunculkan semangat dan rasa percaya diri yang lebih. Dengan peregangan dan olahraga, kamu mengaktifkan hampir setiap otot tubuh, serta mengirim darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, menjadikan tubuh lebih bugar. 

10. Bergaul dengan orang yang positif

Kamu tentu bisa merasakan mana teman yang membuatmu lebih gembira, semangat, dan positif, dan mana yang membuat kita jadi pesimis dan selalu berpikiran negatif. Coba data setiap hubungan yang kamu miliki. Buat peringkat peringkat bagaimana hubungan itu membuat kamu berubah, dari 1 (bermasalah) hingga 5 (luar biasa). Hubungan buruk dikenal sebagai salah satu penguras energi. Buat catatan pada hubungan yang tidak menambahkan energi positif apa pun, dan segera menjauh.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search