banner here

5 Jenis Shampo yang Cocok Untuk Rambut Tipis

- 14.00
advertise here
Rambut yang tebal berkilau adalah tanda rambut yang sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang mengalami masalah dengan ketebalan rambutnya. Rambut tipis memang bikin tidak pede dan khawatir lama-lama akan botak. Namun kita tidak harus putus asa. Apabila kamu mengetahui penyebabnya serta jenis shampo yang tepat untuk rambut yang tipis, masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Kebanyakan kasus rambut tipis berakar dari faktor genetik alias keturunan. Meski begitu, rambut yang tipis bukan jaminan kebotakan. Jika anggota keluargamu tidak memiliki masalah rambut yang sama, rambut tipismu bisa jadi dipengaruhi oleh makanan dan gaya hidup tidak sehat selama ini. Rambut tipis dan mudah rontok cenderung dialami oleh orang-orang yang kurang makan protein, zinc, vitamin B, serta biotin. 
 Hasil gambar untuk rambut tipis
Ketiga nutrisi ini saling bekerja sama untuk memperkuat struktur batang rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ditambah lagi, pola makan tinggi lemak jenuh dan bernilai indeks glikemik tinggi tanpa disadari juga ikut membuat rambut cepat rusak. Faktor penyebab rambut tipis lainnya adalah kebersihan pribadi yang kurang. Rambut yang berketombe dan berminyak karena jarang keramas dapat mencegah rambut baru untuk tumbuh. Maka, pastikan rutin merawat rambut, dan pilihlah shampo yang tepat agar masalahnya tidak semakin merambat. Tips memilih shampo yang tepat untuk rambut tipis Shampo yang baik untuk pemilik rambut tipis bisa dilihat dari kandungan bahannya. Ketika ingin beli shampo baru, cek apakah produk pilihanmu mengandung bahan-bahan berikut: 

1. Rumput laut (seaweed), protein kedelai, dan shea butter 

Sebuah penelitian dari Korea menyatakan bahwa kombinasi kandungan rumput laut, kedelai dan shea butter membantu menguatkan rambut supaya tidak gampang patah dan rontok. Rumput laut merangsang pertumbuhan sel kulit kepala sehat untuk memberikan jalan bagi pembentukan folikel rambut baru. Bahan aktif dalam rumput laut juga bisa mencegah kebotakan. Sementara itu, protein kedelai dan shea butter bermanfaat untuk memperkuat akar dan helai rambut. 

2. Biotin (Vitamin B5) 

Manfaat biotin dan asam pantotenat (vitamin B5) telah lama dipercaya dapat menguatkan dan menebalkan rambut serta mengurangi rambut rontok. Di dalam tubuh, biotin bereaksi dengan enzim yang diproduksi dalam kelenjar adrenal yang berfungsi memproduksi asam amino untuk memproduksi protein. Rambut terbuat dari protein khusus yang bernama keratin. Itu sebabnya biotin dipercaya bermanfaat membantu pertumbuhan rambut baru yang sehat. Biotin juga dapat membantu memperbaiki rambut rusak akibat terlalu banyak keramas dan terpapar panas, baik dari sinar matahari atau suhu panas dari alat penata rambut seperti alat catok atau hairdryer.
 
3. Argan oil 

Minyak argan sering digunakan oleh masyarakat Timur Tengah untuk perawatan kecantikan kulit. Namun selain untuk rambut, minyak argan juga bermanfaat untuk menjaga rambut tetap kuat dan lembut, serta mencegahnya dari rambut bercabang dan ketombe. 

4. Vitamin E 

Selain mengandung tiga nutrisi di atas, shampo yang baik untuk rambut tipis juga idealnya harus mengandung vitamin E. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin E bekerja melancarkan sirkulasi darah menuju kulit kepala sehingga membantu memperbaiki kerontokan rambut dan menguatkan batang rambut. Kulit kepala sehat dapat mendukung pertumbuhan rambut baru yang lebat dan sehat.

5. Ginseng 

Sebuah studi pada tahun 2012 oleh Korea University College of Medicine menemukan bahwa ginseng merah bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk masalah kebotakan. Laporan tersebut didukung oleh studi milik University of Maryland Medical Center yang menyatakan antioksidan dalam ginseng mampu mendukung kesehatan sistem jantung dan pembuluh darah untuk menjaga aliran darah yang sehat. Aliran darah yang lancar sampai ke kulit kepala bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut baru yang sehat.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search