banner here

Beberapa Jenis Makanan dan Minumam yang Wajib Dihindari Saat Malam Hari

- 16.47
advertise here

Banyak bahasan yang menekankan pentingnya sarapan. Padahal, makan malam juga tak kalah pentingnya. Terutama penting untuk memerhatikan asupan makanan bagi tubuh. Di sisi lain, beberapa jenis makanan dan minuman bisa mengganggu usaha penurunan berat badan. Tak hanya itu, ada pula dampak lainnya ketika mengonsumsi makanan dan minuman tertentu ketika jam makan malam. Misalnya, membuat kita kesulitan tidur. Berikut ini adalah daftar lima makanan dan minuman yang sebaiknya tak disantap di malam hari. 
 Hasil gambar untuk makanan manis
1. Makanan manis

Makanan-makanan yang mengandung spektrum gula idealnya dihindari pada waktu malam hari. Mulai dari cokelat, permen, kue-kue manis, dan lainnya.
Konsumsi makanan manis akan membuat kita sulit tidur nyenyak karena konsumsi gula akan meningkatkan level energi dalam tubuh. 

2. Makanan tinggi karbohidrat 

Kita semua suka mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, seperti nasi, pizza, atau pun spagheti. Namun, makanan tinggi karbohidrat tidak selalu menjadi pilihn terbaik untuk makan malam. Bukan berarti kamu tak boleh mengkonsumsi satu atau dua slice pizza. Tapi, kamu harus menyadari bahwa konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi berpotensi menimbulkan masalah tidur, dan membuat kita lelah ketika bangun pagi. Pilihlah opsi makanan yang lebih sehat. Misalnya biji-bijian utuh yang lebih mudah dicerna oleh tubuh.

3. Makanan tinggi asam 

Makanan yang mengandung asam tinggi seperti produk susu, daging, burger, makanan pedas, dan makanan yang digoreng idealnya tak dikonsumsi sebelum tidur. Makanan tinggi asam bisa meningkatkan asam lambung, serta membuat ginjal dan hati bekerja lebih keras, karena pada malam hari organ tubuh berada pada fungsi puncak.

4. Soda 

Ada banyak alasan untuk berhenti mengkonsumsi soda. Namun, hal ini lebih tak dianjurkan pada malam hari. Soda mengandung bahan stimulan yang bisa menyebabkan keresahan dan membuat kita susah tidur. Sama pula jika kita mengonsumsi soda diet.

5. Kopi 

Kopi hitam tanpa susu atau pemanis memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi, minum kopi di malam hari bisa membawa banyak konsekuensi kesehatan. Konsumsi kopi dalam jumlah besar bisa menyebabkan kita susah tidur. Sebuah studi tentang efek kafein terhadap tidur membuktikan, mengonsumsi kopi di malam hari akan menimbulkan gangguan tidur. Studi tersebut juga merekomendasikan, minuman dengan kafein sebaiknya dikonsumsi setidaknya lebih dari enam jam sebelum tidur. Cobalah ganti kopi dengan teh herbal untuk diminum sebelum tidur.
Advertisement advertise here

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search